Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Advertisement
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami - Rambut merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi penampilan. Jika tidak dirawat dengan baik, rambut bisa mengalami masalah seperti kusam, bercabang, dan rontok. Jika sudah begitu, tentu penampilan pun akan terlihat kurang sempurna. Umumnya, manusia mengalami kerontokan rambut sebanyak 50 – 100 helai setiap harinya. Namun jika hal itu terjadi secara rutin dan terus menerus, semakin lama rambut akan menipis dan lama kelamaan dapat menyebabkan kebotakan.

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok
images: spirit.web.id

Cara mengatasi rambut rontok tidak bisa dilakukan secara ngawur. Bukannya mengatasi kerontokan rambut, kesalahan dalam perawatan justru dapat menyebabkan kerontokan semakin masif. Oleh karena itu diperlukan cara yang benar agar kerontokan rambut tidak semakin parah.


Penyebab Rambut Rontok

Sebelum berlanjut ke cara mengatasi kerontokan, kita perlu tahu terlebih dahulu penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab kerontokan rambut yang umum terjadi:

- Sering Menjalani Proses Kimia. Rambut yang sering menjalani proses perawatan menggunakan bahan kimia akan lebih rentan mengalami kerontokan. Misalnya rambut sering diwarnai dan direbonding membuat batang rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

- Pengaruh Makanan. Kurangnya kandungan gizi dalam makanan yang kita konsumsi dapat menyebabkan rambut menjadi tipis dan semakin rapuh.

- Efek Psikologis. Stress dan beban pikiran yang berat dapat memicu kerontokan rambut. Namun biasanya, kerontokan karena efek psikologis akan semakin berkurang dengan sendirinya saat kondisi sudah stabil.

- Faktor Genetika dan Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

- Pengaruh Obat-obatan. Beberapa jenis obat dapat berpengaruh terhadap kekuatan rambut, seperti obat yang biasa digunakan untuk menangani artritis, depresi, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, dll.

- Pengaruh Kemoterapi. Rata-rata kerontokan rambut yang disebabkan oleh kemoterapi bersifat menyeluruh, tidak hanya rambut di kepala namun juga rambut lain diseluruh tubuh. Namun sebagian besar dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

- Pengaruh Penyakit Kulit. Beberapa jenis penyakit kulit dapat menyebabkan kebotakan kerusakan permanen pada folikel rambut tempat tumbuhnya rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Masing-masing dari kita memiliki jenis kulit kepala dan rambut yang berbeda. Oleh karena itu, perawatan rambut yang cocok berbeda pada setiap orang. Untuk percobaan awal, tidak masalah anda mencoba berbagai cara mengatasi rambut rontok. Tentu saja dengan bahan alami. Namun setelah anda menemukan bahan yang cocok, pakailah cara itu terus dan jangan bergonta-ganti ke cara yang lain.

Berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami:

1. Kacang Hijau

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah dengan kacang hijau. Caranya, rendam kira-kira secangkir kacang hijau semalaman. Saring rendaman kacang hijau tadi dan oleskan air nya pada rambut. Berikan sedikit pijatan pada kulit kepala. Lakukan cara ini setidaknya 3x dalam seminggu (2 hari sekali).


2. Santan Kelapa

Cara mengatasi rambut rontok secara alami yang kedua adalah dengan terapi santan kelapa. Caranya, lumurkan santan kelapa pada rambut secara menyeluruh sampai kulit kepala. Berikan pijatan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian anda dapat membilasnya dengan air hangat dan bisa dilanjutkan dengan keramas seperti biasa. Lakukan terapi ini setidaknya 2x dalam seminggu.

3. Kulit Semangka

Semangka, selain rasa buahnya yang manis dan segar, kulitnya pun bisa memberikan manfaat bagi anda yang mengalami kerontokan rambut. Caranya, ambil kulit semangka dan gosokkan pada kulit kepala / pangkal rambut. Diamkan minimal 30 menit atau lebih baik semalaman, dan lanjutkan keramas pada pagi harinya. Lakukan cara ini sekali seminggu.


4. Minyak Zaitun (Olive Oil)

Minyak zaitun atau disebut juga olive oil dapat juga anda gunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya, campurkan 5 sendok minyak zaitun dengan 2 sendok madu. Ratakan campuran ini pada rambut sampai kulit kepala, berikan pijatan selama kurang lebih 15 – 30 menit dan tutup dengan shower cap atau handuk. Untuk hasil maksimal, diamkan semalaman selama anda tidur agar minyaknya meresap kedalam pori-pori kulit kepala. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.

5. Minyak Kelapa VCO (Virgin Coconut Oil)

Cara mengatasi kerontokan rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa atau VCO. Oleskan minyak kelapa pada rambut ditambah sedikit pijatan pada kulit kepala. Sebelum keramas, ada baiknya anda diamkan dulu selama 30 menit sampai 1 jam.

6. Daun Seledri

Tahukah anda jika seledri dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok? Caranya, setelah keramas tepuk-tepuk rambut dengan handuk agar airnya berkurang. Setelah itu oleskan 8 sampai 10 batang seledri yang sudah dihaluskan dengan blender. Berikan pijatan pada kulit kepala selama 3 – 5 menit dan tutup dengan handuk selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu anda dapat membilasnya dengan air.
Selain mengatasi rambut rontok, seledri juga memiliki banyak manfaat untuk rambut, antara lain menghilangkan ketombe, menghitamkan rambut, meluruskan rambut, menyuburkan rambut, dan lain-lain.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dikenal berkhasiat untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut antara lain menghitamkan rambut, melebatkan, membutkan, dan tentu saja mengatasi kerontokan rambut. Caranya, haluskan daging lidah buaya dan oleskan secara merata dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu keramas. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali.

Tips Mencegah Kerontokan Rambut Semakin Parah

Bagi anda yang sering mengalami kerontokan rambut, ketika akan keramas sebaiknya tidak secara langsung mengoleskan shampoo pada rambut. Encerkanlah shampoo dengan air terlebih dahulu, kemudian baru diterapkan pada rambut. Sebab, hampir semua shampoo mengandung bahan kimia yang ketika kontak langsung dengan kulit kepala dapat melemahkan akar rambut, dan dengan demikian akan menyebabkan kerontokan rambut yang lebih parah.

Title Post: Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Description: Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami - Rambut merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi penampilan. Jika tidak dirawat den...
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:Be Mine