Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dan Anak-anak

Advertisement
Cara mengeluarkan dahak pada bayi bukan perkara mudah, apalagi bayi yang masih dalam periode untuk tidak mengkonsumsi apapun selain ASI. Tidak seperti pada orang dewasa yang langsung bisa meminum obat batuk, bayi dan anak-anak membutuhkan perawatan dan penanganan khusus untuk dapat mengeluarkan dahak saat terserang pilek atau flu.

Saat balita terserang flu, batuk, dan pilek, biasanya sang buah hati akan menjadi rewel karena merasa tidak nyaman. Bayi juga akan merasa terganggu saat akan menelan asi. Namun anda tidak perlu resah, berikut ini akan kami ulas cara mengeluarkan dahak pada bayi dan anak-anak.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

1.    Ajaklah bayi anda keluar rumah untuk mendapatkan kehangatan dari sinar matahari agar dahak pada bayi menjadi encer dan mudah dikeluarkan (sekitar pukul 06:30 sampai 07:00 sesuai kondisi dan lokasi). Selain menghangatkan badan bayi, sinar matahari pagi juga sangat bagus untuk kesehatan bayi dan mencukupi kebutuhan vitamin D.

2.    Terutama saat malam hari udara dingin, oleskan minyak telon pada bayi agar bayi senantiasa hangat. Cara ini juga merupakan salah satu cara mengencerkan dahak pada bayi.

3.    Sediakan baskom berisi air hangat, lalu campurkan sedikit minyak kayu putih. Kemudian posisikan bayi tengkurap sehingga uap dari campuran air hangat dan kayu putih tadi mengenai wajah bayi. Anda dapat meletakkan bayi anda pada pangkuan dan jaga tangan bayi agar tidak terkena air dalam baskom.
Setelah itu, berikan tepukan ringan pada punggung sisi kiri dan kanan. Setelah 5 sampai 10 menit, secara perlahan biasanya dahak akan keluar melalui hidung bayi menjadi gelembung-gelembung.


Cara mengeluarkan dahak pada bayi
sumber gambar: tabloid-nakita.com


Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak-anak

Berbeda dengan cara mengeluarkan dahak pada bayi, cara mengeluarkan dahak pada anak-anak bisa dibilang lebih gampang karena anak-anak sudah bisa diberikan obat oral (diminum). Namun sebelum menentukan pilihan pada obat batuk yang tersedia di apotek, ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu obat batuk alami untuk anak, agar dapat membantu mengeluarkan dahak. Tentu saja alasannya karena bahan alami memiliki resiko efek samping yang lebih kecil dikemudian hari. Berikut ini akan kami berikan tips cara mengeluarkan dahak pada anak secara alami dengan memberikan obat alami untuk batuk berdahak anak. Catatan: jangan diberikan untuk anak dibawah 1 tahun.

1.    Daun Pare obat batuk berdahak alami untuk anak

Cara mengobati batuk berdahak dengan daun pare tidak hanya cocok untuk anak namun juga bisa diaplikasikan pada orang dewasa. Caranya, ambil 7 lembar daun pare segar, cuci hingga bersih. Seduh tujuh lembar daun pare tersebut dengan air panas lalu peras dan disaring. Minumkan sebanyak mungkin air perasan daun pare tersebut pada anak 2 kali sehari.

Mungkin anak agak sulit untuk meminum ramuan daun pare ini karena rasanya pahit, jadi kadang perlu sedikit paksaan untuk meminumnya. Namun jangan takut, karena dengan cara ini biasanya dahak akan berangsur encer dan mudah dikeluarkan baik saat bersin, melalui hidung, ataupun ikut keluar bersama kotoran saat buang air.

2.    Jeruk nipis dan madu

Cara kedua mengeluarkan dahak pada anak adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan madu. Caranya, ambil jeruk nipis kemudian peras untuk diambil airnya. Tambahkan 4 sendok madu dan air kurang lebih 5 sendok makan. Berikan obat alami batuk berdahak ini 4 kali sehari dengan dosis satu sendok makan.

Demikian cara mengeluarkan dahak pada bayi dan obat alami batuk berdahak untuk anak. Jika dahak pada bayi anda belum juga berkurang, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter. Semoga bermanfaat.

Title Post: Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dan Anak-anak
Description: Cara mengeluarkan dahak pada bayi bukan perkara mudah, apalagi bayi yang masih dalam periode untuk tidak mengkonsumsi apapun selain ASI. Ti...
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:Be Mine