10 Resep Obat Tradisional Penurun Asam Urat Tinggi

Advertisement
Obat tradisional penurun asam urat yang tinggi sebenarnya sering kita temui disekitar kita. Namun kadangkala, kita tidak menyadari bahwa tanaman-tanaman yang kadang tumbuh liar disekeliling rumah kita memiliki khasiat yang ampuh untuk digunakan sebagai obat. Nah, pada artikel ini, akan kami bahas beberapa obat tradisional penurun asam urat tinggi yang bahan-bahannya dapat dengan mudah kita dapatkan disekeliling kita.

Kenapa memilih obat herbal / tradisional untuk mengobati asam urat yang tinggi? Para ahli yakin bahwa kemampuan obat herba untuk mengobati penyakit sama efektifnya dengan obat obatan farmasi, tanpa disertai dengan efek sampingnya. Obat tradisional memang bisa sangat ampuh sehingga dosis atau aturan pakainya sangatlah penting. Beberapa produk obat herba / tradisional yang banyak beredar di pasaran terlalu kuat dosisnya. Patut diketahui bahwa di banyak negara maju, sekarang ini suplemen herba diresepkan oleh dokter, dan disiapkan serta dijual melalui apotek.

Karena herba memiliki kandungan aktif, harus disadari bahwa beberapa elemennya mungkin akan berinteraksi secara negatif dengan obat yang diresepkan oleh dokter. Karena itu, konsumsi obat herbal sebaikya dikonsultasikan dengan seorang profesional di bidang kesehatan agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Obat Alami / Tradisional Penurun Asam Urat yang Tinggi

Tanaman obat yang mempunyai indikasi kuat untuk mengatasi asam urat yang telah melalui pengujian klinis antara lain:

1. Tempuyung

 Daun tepuyung memiliki sedikit kemiripan dengan tapak liman, namun tempuyung umumnya dapat tumbuh lebih tinggi daripada tapak liman. Daun tempuyung dikenal sebagai penghancur batu ginjal, mengandung senyawa flavonida apigenin-7-O-glukosida yang berfungsi menghambat kerja enzim ksantin oksidae, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi asam urat. Juga mengandung mineral kalium sebagai diuretika ringan. Seduhan daun tempuyung segar terasa pahit, berkhasiat sebagai penghambat asam urat, penghancur batu urat dan membuangnya dari ginjal. Namun, obat tradisional penurun asam urat dari tempuyung ini tidak disarankan bagi  penderita gangguan ginjal.

Untuk menggunakan daun tempuyung sebagi obat tradisional penurun asam urat, rebus 15 gr daun tempuyung segar dengan 3 gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas. Saring dan minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

2. Meniran

 Mengandung flavonoid kuesetin dan glikosida flavonoid yang efektif menghambat produksi asam urat. Selain itu, meniran juga kaya garam kalium yang bekerja sebagai diuretika.

Untuk menggunakan Meniran sebagai obat tradisional penurun asam urat, rebus 30gr daun meniran segar atau 15gr daun meniran kering dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring, kemudian minum satu kali sehari.

3. Daun Sendok


Biji dan daunnya mengandung flavonoid apegin, akubin, serta mineral kalium yang efektif sebagai obat anti asam urat. Caranya, rebus daun sendok segar 15gr atau kering 10gr dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus dipagi hari ketika perut masih kosong.

4. Sambiloto


Mengandung flavonoid apigenin, mineral kalium, dan zat pahit senyawa laktone andrografolid sebagai anti radang dan analgesik. Untuk menggunakan Sambiloto sebagai obat tradisional penurun asam urat, pilih daun sambiloto segar berukuran sedang sebanyak 15 lembar atau 10gr daun kering, seduh dalam secangkir air mendidih, tutup, diamkan kurang lebih 10 menit, saring dan minum sekaligus.

5. Daun salam

Berkhasiat sebagai diurektika, analgesik, dan antiradang. Keterangan lebih lanjut, baca Khasiat dan Manfaat Ajaib Daun Salam untuk Kesehatan dan Pengobatan

6. Daun suruhan

Perlu diingat, daun suruhan berbeda dengan daun sirih. Daun suruhan lebih kecil dari daun sirih, dan pohonnya berwarna agak bening. Daun suruhan mengandung alkaloid tanin, minyak atsiri, dan kalsium aksalat, berkhasiat sebagai antiradang dan analgesik.

7. Kumis Kucing

Untuk menggunakan Kumis Kucing sebagai obat tradisional penurun asam urat, seduh 30gr daun segar atau 10gr daun kering dalam segelas air panas, tutup dan biarkan sebentar seperti saat menyeduh teh. Minum 2x sehari.

8. Seledri

Biji Seledri yang berbentuk halus ini juga bekerja membantu mempercepat pembuangan asam urat. Namun, penggunaan biji seledri tidak dianjurkan apabila anda juga sedang mengkonsumsi obat dari dokter yang mengandung kolsisin. Selain itu, jus seledri sejak dahulu juga dipercaya ampuh untuk mencegah asam urat.

9. Buah Cherry, blueberry, dll.

Buah Cherry dan kelompok buah berry lainnya, semuanya mengandung flavonoid antosianidin dan proantosianidin yang efektif menurunkan kadar asam urat dan mengatasi radang. Flavonoid yang memberi warna merah atau biru pada buah tersebut adalah pelindung kolagen dari kerusakan. Sebagai pencegahan, anda bisa saja mengkonsumsi buah-buahan ini dalam bentuk segar.

10. Kunyit

Kunyit mempunyai khasiat utama untuk memperbaiki dan menyehatkan pencernaan, tapi juga bekerja sebagai antiradang. Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan India untuk mengatasi asam urat, artritis, dan radang tulang lainnya. Sebagai pencegahan asam urat, penggunaan kunyit secara teratur sangat dianjurkan.

Title Post: 10 Resep Obat Tradisional Penurun Asam Urat Tinggi
Description: Obat tradisional penurun asam urat yang tinggi sebenarnya sering kita temui disekitar kita. Namun kadangkala, kita tidak menyadari bahwa ta...
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:Be Mine