Penyebab Benjolan Dibelakang Telinga dan Leher

Advertisement
PERAWATAN.org - Penyebab Benjolan Dibelakang Telinga dan Leher – Benjolan dibelakang telinga dan leher biasanya merupakan sebuah benjolan kecil yang jika dipegang terasa kenyal. Benjolan ini dapat muncul baik pada anak anak maupun orang dewasa. Terkadang, benjolan ini dapat berubah ukuran. Penyebab benjolan ini pun bermacam macam. Benjolan dibelakang telinga bisa jadi bahaya atau tidak tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa penyebab benjolan dibelakang telinga dan leher:


Peyebab Benjolan dibelakang telinga kiri / kanan dan leher pada anak maupun orang dewasa


1.    Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
Penyebab paling umum munculnya benjolan dibelakang daun telinga adalah karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi sel darah putih yang akan berperan melawan mikro organisme yang membahayakan tubuh. Pada dasarnya kelenjar ini ada pada setiap orang sebagai pertahanan diri agar tidak mudah sakit. Biasanya, kelenjar getah bening terdapat pada ketiak, leher, lipatan paha, jantung, samping kanan dan kiri. Apabila dibiarkan, kelenjar ini akan mengalami pembesaran dan mengganggu kesehatan tubuh bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker getah bening.

2.    Kanker
Penyebab munculnya benjolan dibelakang telinga dan leher yang paling mengkhawatirkan adalah kanker. Gejala umum benjolan yang disebabkan karena kanker, biasanya disertai dengan demam, rasa sakit ditenggorokan yang tidak segera sembuh, dan suara yang serak.
Jika dapat terdeteksi sejak dini dan segera mendapat perawatan, kanker ini dapat disembuhkan. Akan tetapi apabila pembengkakan semakin besar dan tidak segera mendapat pengobatan, mungkin saja akan ditemukan pembengkakan di tempat lain seperti lipatan paha dan ketiak yang menyebabkan sulit untuk sembuh, bahkan kemungkinan apabila di stadium lanjut akan mengalami kambuh lagi cukup besar.

3.    Kista Sebasea
Benjolan di belakang telinga dan leher juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

4.    Mastoiditis
Penyebab lain benjolan dibelakang telinga dan leher adalah adanya infeksi pada tulang mastoid. Tulang mastoid berada dibagian belakang telinga. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

5.    Inveksi Virus
Infeksi pada kelenjar getah bening juga dapat menyebabkan pembengkakan. Infeksi ini disebabkan oleh tonsil yaitu adanya kuman streptokokus, yang dapat menyebabkan demam dan pilek sehingga membuat pembesaran kelenjar yang tampak di bagian bawah rahang yang semakin membesar. Pada saat kondisi tubuh sering mengalami sakit seperti demam, batuk pilek atau flu maka kelenjar betah bening di bagian belakang telinga akan terjadi pembesaran. Pembesaran kelenjar getah bening dapat menyebabkan beberapa kemungkinan penyakit dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang membahayakan.


Demikian beberapa penyebab munculnya benjolan dibelakang telinga dan leher anak-anak maupun orang dewasa. Yang terbaik untuk dilakukan apabila ditemukan benjolan tersebut adalah segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat segera dideteksi dan mendapat pengobatan jika ternyata benjolan tersebut berbahaya.

Title Post: Penyebab Benjolan Dibelakang Telinga dan Leher
Description: PERAWATAN.org - Penyebab Benjolan Dibelakang Telinga dan Leher – Benjolan dibelakang telinga dan leher biasanya merupakan sebuah benjolan k...
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:Be Mine