Cara agar Rambut tidak Kering, Kasar, dan Kusam

Advertisement
Rambut kering, kasar, dan kusam merupakan masalah rambut yang umum terjadi. Bagi kaum pria yang berambut pendek, mungkin tidak begitu terlihat. Namun bagi yang memiliki rambut panjang, maka rambut yang kering, kasar dan kusam sudah tentu akan merusak penampilan. Selain itu, jika rambut kering dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan, justru dikhawatirkan akan menimbulkan masalah lain misalnya kerontokan dan mudah patah. Nah, bagi anda yang tidak ingin penampilannya rusak karena rambut yang kering, kasar, dan kusam, simak terus tulisan ini.


Penyebab rambut kering, kasar dan kusam

Rambut kering, kasar, dan kusam bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, kulit kepala tidak mampu menghasilkan minyak yang cukup sehingga rambut menjadi kering. Kemudian yang kedua, yaitu karena kutikula atau lapisan pelindung rambut telah rusak. Kerusakan kutikula ini biasanya disebabkan karena faktor eksternal seperti terlalu sering dicatok, menggunakan hair dryer, pewarnaan, rebonding, dan sebagainya. Jika kutikula ini rusak, maka rambut akan kehilangan kemampuannya dalam menjaga kelembaban rambut sehingga rambut menjadi kering.

Selain dua hal tersebut, rambut kering, kasar, dan kusam juga bisa saja disebabkan karena:
a. Terlalu sering terkena terik matahari
b. Terkena bahan kimia dari produk perawatan rambut yang kurang bagus
c. Terkena polusi udara yang secara tidak sengaja menempel di rambut
d. Penggunaan shampoo yang tidak cocok
e. Tidak pernah dirawat

Selanjutnya, bagi anda yang memiliki masalah rambut, berikut ini adalah Cara agar Rambut tidak Kering, Kasar, dan Kusam. Cara ini kami kelompokkan menjadi dua bagian, bagian pertama yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan bahan alami, dan bagian kedua yaitu dengan merubah kebiasaaan untuk mengatasi rambut kering, kasar, dan kusam.


Cara agar Rambut tidak Kering, Kasar, dan Kusam

Rambut Kering Kasar dan Kusam
img source: www.rambutsehatcantik.com

Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Kering, Kasar, dan Kusam


1. Hot Oil Threatment

Hot oil threatment merupakan salah satu cara efektif mengatasi rambut kering, kasar, dan kusam. Caranya:
- Campurkan 2 sdm minyak almond, minyak jojoba, minyak zaitun, dan minyak kelapa.
- Panaskan sampai hangat kuku.
- Ratakan pada rambut dan beri sedikit pijatan.
- Tutup dengan handuk atau shower cup, dan diamkan selama 30 menit.
- Cuci dengan shampoo ringan.


2. Minyak Zaitun

Tak perlu diragukan lagi, minyak zaitun atau olive oil memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak zaitun tidak hanya mampu menjaga kelembaban rambut, tetapi juga memperbaiki sel rambut yang rusak.
Cara mengatasi rambut kering kasar, dan rusak dengan minyak zaitun:
- Sebelum keramas, basahi rambut anda
- Oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut basah, dan diamkan selama 20-30 menit
- Setelah itu, cuci dengan shampoo ringan

3. Air Jeruk Nipis

Cara menggunakan air jeruk nipis untuk mengatasi rambut kering sangatlah mudah, cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada rambut dan biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Cuka Apel

Cuka apel mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, antara lain vitamin, mineral alami, pelembap, dan lain-lain, yang tidak hanya mengatasi rambut kering saja, tapi juga membuatnya berkilau secara alami.

Cara mengatasi rambut kering, kasar, dan kusam dengan cuka apel yaitu: campurkan setengah cangkir cuka apel ditambak 1 sendok makan minyak gandum dan tambahkan 2 cangkir air putih. Oleskan secara merata campuran ini pada rambut basah setelah keramas, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Untuk hasil lebih maksimal, anda dapat menutupnya dengan penutup kepala atau handuk hangat. Setelah selesai, bilas dengan air bersih. Untuk mengurangi bau dari cuka apel, anda dapat mengaplikasikan conditioner.


5. Mayones

Mayones memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Antara lain menghaluskan, mengkilaukan, dan juga melembabkan. Cara menggunakan mayones untuk mengatasi rambut kering, kasar, dan kusam sangatlah mudah, yaitu dengan meratakan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama kurang lebih 1 jam dan setelah itu bilas dengan air bersih.

6. Buah Alpukat dan Pisang

Campurkan 1 buah pisang dan 2 buah alpukat matang, kemudian haluskan sampat menjadi bubur. Setelah itu, ratakan pada rambut dan biarkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin B

Rambut membutuhkan vitamin B untuk menjaga kondisinya tetap sehat. Jadi, perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti pada kacang-kacangan, telur, dan buah pisang untuk merawat rambut kering, kasar, dan kusam.

8. Madu dan Jeruk Lemon

Cara ini bisa dibilang cukup efektif mengatasi rambut kering, kasar, dan kusam secara alami. Cukup campurkan air perasan jeruk lemon dan madu dengan komposisi sebanding. Setelah tercampur dengan rata, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 40 menit. akan lebih baik jika anda menutupnya dengan shower cup atau handuk. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.


9. Gel Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya bagi rambut sudah tidak perlu diragukan lagi. Lidah buaya juga merupakan bahan dasar berbagai produk kosmetik. Nah, untuk mengatasi rambut kering, kasar, dan kusam, ratakan gel lidah buaya pada rambut dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu anda dapat membilasnya dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin.

10. Masker Madu dan Minyak Kelapa

Campurkan 2 sdm madu dan 2 sdm minyak kelapa. Aduk sampai rata dan gunakan sebagai masker rambut. Bungkus dengan shower cup plastik, kemudian setelah 15 menit bilas dengan air bersih.


11. Air Beras dan Madu

Ambil secangkir air beras dan tambahkan 2 sendok madu. Aduk sampai merata dan oleskan pada rambut. Setelah 15 menit, bilas dengan air bersih.

Perawatan Rambut agar tidak kering, kasar, dan kusam

Selain dengan cara diatas, kebiasaan sehari hari juga berpengaruh terhadap kondisi rambut.


1. Jangan terlalu sering keramas.

Keramas yang baik setidaknya 2 hari sekali. Setiap hari keramas memang membuat rambut selalu bersih, tapi justru tidak baik untuk kesehatan rambut.


2. Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pilihlah produk perawatan yang memiliki kadar pH rendah untuk menjaga kelembaban rambut.

3. Kurangi pemakaian hair dryer

Cara terbaik mengeringkan rambut adalah dengan dibiarkan kering secara alami atau di angin anginkan. Penggunaan hair dryer bisa membuat rambut menjadi kering dan rusak. Jika  terburu buru dan terpaksa menggunakan hair dryer, gunakan vitamin rambut agar rambut tetap terlindungi.


4. Gunakan Kondisioner

Gunakan kondisioner untuk mencegah rambut menjadi kering, kasar, dan kusam.


5. Hindari styling rambut

Styling rambut dengan berbagai produk dan perlakuan pada rambut dapat memicu kerusakan rambut sehingga menjadi kering, kasar, dan kusam.

6. Jangan menggosok rambut ketika mengeringkan

Biasanya, kaum wanita sering mengeringkan rambut dengan menggosoknya dengan handuk. hindari cara ini karena gesekan antar rambut dapat membuatnya menjadi rusak.


7. Jangan berkeramas dengan air panas

Keramas dengan air panas dapat menghilangkan nutrisi rambut. Untuk itu, tetaplah keramas dengan air dingin.


8. Hindari tidur dengan rambut terikat

Kebiasaan tidur dengan rambut terikat dapat membuatnya menjadi cepat rusak dan kering.


9. Beri Vitamin rambut

Berikan vitamin rambut paling tidak seminggu sekali untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat.

Demikian 20 cara mengatasi rambut kering, kasar, dan kusam. Semoga bermanfaat.

Title Post: Cara agar Rambut tidak Kering, Kasar, dan Kusam
Description: Rambut kering, kasar, dan kusam merupakan masalah rambut yang umum terjadi. Bagi kaum pria yang berambut pendek, mungkin tidak begitu terlih...
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:Be Mine